Cara Live di Facebook Lewat HP & Laptop

Rate this post

Facebook live adalah sebuah fitur yang dapat melakukan live stream di Facebook. Cara live di facebook juga tidak begitu sulit, kamu hanya perlu menyiapkan konten yang ingin kamu tayangkan saat video live streaming sudah dimulai.

Apa Itu Facebook Live?

Live stream di Facebook pertama kali diperkenalkan di tahun 2015 dan sudah menjadi tren hingga sekarang. Fitur live stream di facebook biasanya digunakan sebuah merek untuk memperkenalkan produk baru mereka, apa lagi saat ini masih gencar-gencarnya work from home di karenakan kondisi covid-19 yang belum juga membaik, fitur live stream di facebook bisa sangat membantu kegiatanmu.

Selain digunakan untuk mempromosikan sebuah produk baru, tidak sedikit pula yang menggunakan fitur live stream di facebook hanya untuk bersenang-senang, membagi momen dengan teman maupun keluarga. Karena sifat live stream yang “real time”, membuat fitur ini menjadi sangat populer, kamu bisa sangat dekat dengan streamer, membagikan komentar secara langsung dan juga memberikan reaksi atas apa streamer ditayangkan saat live stream.

Cara Live di Facebook

Cara Live di Facebook Lewat HP (Android atau iOS).

1. Langkah pertama silahkan buka Aplikasi Facebook di smartphonemu seperti biasanya.

2. Kemudian silahkan arahkan tab pada News Feed dan tekan opsi “ Live ” yang tepat berada di bawah What’s on Your Mind?

Cara Live di Facebook Lewat HP & Laptop

3. Setelah Anda menekan opsi Live, Anda akan diarahkan menuju pengaturan live streaming. *Informasi: Jika ini adalah kali pertama kamu akan melakukan streaming langsung, biasanya aplikasi Facebook akan meminta izin untuk mengakses perangkat kamera dan juga mikrofon. silahkan jinkan (izinkan).

TRENDING :  Aplikasi Cek Grammar Bahasa Inggris

4. Setelah kamu memberikan izin aplikasi facebook untuk mengakses kamera dan mikrofon, sekarang saatnya kamu mengatur dan mengkustomisasi tampilan live stream yang akan kamu tayangkan. Silahkan isikan informasi penting untuk live streaming seperti deskripsi live stream, lokasi, atau kamu juga bisa meng-tag teman kamu dalam video live stream, menambahkan stiker atau beberapa filter keren lainnya.

5. Jika semua informasi sudah terisi, dan kamu sudah siap dengan tampilan live stream yang akan kamu tayangkan di live stream facebook, silahkan klik tombol Start Live Video.

Bagaimana cara menghentikan live streaming di Facebook? jika kamu sudah selesai dan merasa ingin berhenti, kamu bisa langsung menekan tombol “Finish”, maka secara otomatis live streaming akan berakhir. Video stream akan terposting ke profil facebook, jadi untuk teman-temanmu yang ketinggalan live streaming tersebut, tetap bisa melihatnya di profil facebookmu (tonton nanti). Kamu juga bisa menghapusnya jika kamu tidak ingin video tersebut ada di profil kamu.

Selanjutnya adalah cara live di Facebook dengan menggunakan PC atau Laptop. Menurut saya lebih mudah untuk live menggunakan smartphone, tapi jika kamu adalah seorang streamer sejati atau paling tidak seorang gamers, pasti stream lewat PC lebih menyenangkan.

Langkah selanjutnya cara live di facebook hampir sama dengan cara live di facebook menggunakan smartphone atau HP, jadi seharusnya kamu sudah lebih familiar dengan versi desktop karena semuanya hampir sama. yang harus kamu lakukan hanya memberikan judul pada streaming langsung yang akan kamu mulai, memutuskan siapa saja yang dapat melihat (hanya teman, atau semua orang bisa melihat) lokasi dan yang lainnya.

Cara Live di facebook Lewat PC / Laptop :

1. Langkah pertama, silahkan klik “Create Post” kemudian klik >  Live Video diatas Whats in your mind

TRENDING :  Aplikasi Download Video Youtube

2. Jika kamu sudah menekan Live Video, kamu akan diarahkan ke pengaturan konten yang akan kamu tampilkan pada saat live streaming mulai, seperti judul, deskripsi, lokasi, orang yang dapat live streaming dan lainnya. Silahkan isi informasi sesuai dengan yang kamu inginkan.

3. Lalu saat semuanya sudah terisi dan kamu juga sudah siap, silahkan klik “Go Live” untuk memulai Streaming. sama halnya dengan di smartphone, jika kamu ingin hidup sebuah streaming, silahkan klik “Finish” maka live streaming akan otomatis berhenti.

Kamu juga bisa membroadcast tayangan streamu ke platform lain menggunakan perangkat lunak pihak ketiga, asalkan mematuhi syarat dan juga ketentuan dari facebook.

Tidak seperti yang dibayangkan orang-orang, ternyata cara live streaming di facebook sangat mudah dan juga simpel. yang harus kamu lakukan adalah meminta materi yang ingin kamu tayangkan saat kamu memulai streaming langsung, mengisi detail streaming langsung, kemudian kamu bisa langsung memulai streaming langsung di facebook hanya dengan menekan tombol “video langsung”.

Akhir Kata

Live stream facebook sangat mudah digunakan untuk mempromosikan sebuah produk baru dari sebuah merek, jika Anda ingin mencari metode yang tepat untuk mempromosikan sebuah produk pasca pandemi, kamu bisa mencoba live stream di facebook.

Tidak hanya produk, kamu juga bisa membuat komunitas dan juga membagikan live stream dengan grup yang kamu atau channel yang kamu punya, sehingga kamu bisa lebih dekat dengan komunitas tersebut.

Leave a Comment