Cara Mengatasi “413 Request Entity Too Large Error”

Rate this post

Kali ini saya akan membahas pengalaman pribadi saya tentang bagaimana cara mengatasi “413 Request Entity Too Large” di Nginx. Kejadian ini saya alami saat saya hendak menginstall sebuah cms wordpress. Installasi berjalan secara lancar dan tidak ada masalah, namun saat saya ingin mengupload sebuah theme yang besarnya kurang lebih 1,8 MB, saya mendapatkan pesan error “413 Request Entity Too Large

Disini saya sadar ternyata Maximum File Upload di WordPress saya hanya 2mb saja. Saya mencoba untuk mencari beberapa cara yang cocok dan kompatible dengan masalah yang saya alami. beberapa cara sudah saya lakukan tapi masih saja gagal. Akhirnya saya menemukan jawabannya di StackExchange.

Saya memang kurang jago dengan masalah yang seperti ini jujur saja, jadi saya hanya akan memberikan tutorial cara mengatasi “413 Request Entity Too Large” di Nginx sesuai dengan apa yang saya alami. hal ini juga berlaku bagi teman-teman yang ingin tau cara meningkatkan ukuran Maximum File Upload di WordPress. dan sekali lagi tolong di ingat bahwa cara ini berlaku untuk pengguna Nginx.

Cara Mengatasi “413 Request Entity Too Large” di Nginx

1. Langkah pertama tentu saja silahkan buka terminal atau remote server menggunakan ssh client kamu.

2. Untuk menambah kapasitas upload wordpress, kita akan mengedit nginx.conf. silahkan ketik command di bawah ini :

sudo nano /etc/nginx/nginx.conf

3. Jika sudah, silahkan cari # server_tokens off; dan letakan line berikut ini dibawahnya:

  • # set client body size to 32M #
  • client_max_body_size 32M;

Penjelasan :

  • M maksudnya adalah MB.
  • 32 M berarti Meningkatkan Ukuran Maximum File Upload di WordPress dari yang sebelumnya ke 32 MB.
TRENDING :  7 Cara Mempercepat Performa Komputer Atau Laptop

4. Kemudian silahkan exit dan simpan pengaturan.

5. Restart menggunakan command berikut ini systemctl restart nginx

Langkah selanjutnya untuk cara mengatasi 413 Request Entity Too Large Error adalah dengan merubah sedikit pengaturan pada upload PHP. Kamu harus melakukan ini sehingga ukuran maximum file upload di wordpress bisa bertambah.

Ikuti langkah berikut ini untuk mengubah pengaturan upload PHP.

1. Masih di ssh client/console kamu, silahkan gunakan command berikut ini untuk merubah pengaturan file upload limits di PHP.

  • sudo nano /etc/php/7.0/fpm/php.ini

Penjelasan :

  • command di atas menggunakan PHP7.0-FPM, jadi jika kamu menggunakan PHP7.4-FPM dan setrusnya, kamu bisa menggantinya.

2. Jika sudah berhasil masih ke pengaturan PHP, silahkan cari:

  • upload_max_filesize
  • post_max_size

Secara default, pasti upload_max_filesize berukuran 8M (maksudnya 8mb) dan post_max_size berukuran 2M (2mb). Silahkan ganti keduanya dengan angka yang sesuai dengan ukuran yang kamu set pada pengaturan Nginx diatas, misalnya 32M (32MB). Jadi commandnya menjadi seperti berikut:

  • upload_max_filesize = 32M
  • post_max_size = 32M

3. Jika sudah, silahkan Exit dan Save. Kemudian Restart dengan command systemctl restart nginx

Cara ini sudah sering saya terapkan apabila menemui kendala seperti 413 Request Entity Too Large Error pada Nginx. lakukan semuanya secara teliti dan saya yakin kamu bisa menambah kapasitas upload wordpress. Saya sendiri juga menggunakan cara ini dan berhasil meningkatkan upload file di wordpress. Ingat, kamu harus mengatur nginx.conf Nginx terlebih dahulu, kemudian mengubah pengaturan di PHP supaya berhasil.

Semoga tutorial Cara Menambah Kapasitas Upload WordPress dan Cara Mengatasi “413 Request Entity Too Large Error” di Nginx bisa membantumu. Jika kamu mempunyai beberapa pertanyaan, silahkan tinggalkan komentarmu di bawah.

TRENDING :  2 Cara Melihat Password Wifi di Windows 10 dengan Mudah

Leave a Comment